Setelah sukses dengan praRelease Party Fedora 18 di SMA N 1 Berastagi, kembali Komunitas Linux Karo mengadakan Release Party Fedora 18 yang dilaksanakan di SMA N 1 Kabanjahe yang bertepatan pada tanggal 8 Maret 2013. Untuk acara kali ini tim lebih berfokus pada materi pengenalan dan proses instalasi Fedora 18 itu sendiri, dikarenakan ini adalah acara pertama yang diadakan di Tanah Karo khususnya di sekolahan yang bertemakan tentang Linux. Dalam acara ini tim membaginya menjadi 3 sesi pembicara dimana setiap pembicara membawakan materi yang berbeda.

Untuk sesi pertama peserta dibawa untuk mengenal apa itu opensource dan free yang sering dikaitkan dengan dunia linux, setelah itu pembicara juga menjelaskan sejarah awal terbentuknya Linux dan sedikit sejarah tentang distro Fedora itu sendiri. Selain itu pembicara juga menunjukkan gambar timeline terbentuknya Linux dari awal sampai sekarang juga distro utama di awal terbentukknya serta turunan turunan dari distro utama tersebut. Selain gambar timeline tersebut pembicara juga menunjukkan gambar yang membandingkan bagaimana linux di awal terbentuk dan bagaimana linux di jaman sekarang ini sehingga peserta akan merasa lebih tertarik mencoba menggunakan linux khususnya Fedora. Setelah itu pembicara memberikan waktu kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan seputar hal hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dari sekian banyak pertanyaan dari peserta, intinya peserta ingin mengetahui apa kelebihan yang dimiliki linux dari os lain seperti #bendera sehingga linux harus digunakan.

Untuk Sesi kedua pembicara membawakan materi untuk Instalasi Fedora 18. Pembicara menggunakan bantuan Virtual Box untuk mendemokan bagaimana cara menginstal Fedora 18 itu sendiri. Disini pembicara menggunakan Fedora 18 Live XFCE. Step demi step tahapan penginstalan diikuti peserta dengan seksama, tidak ada tahapan penginstalan yang terlewatkan begitu saja oleh peserta. Setelah proses penginstalan selesai pembicara mecoba menjalankan program yang ada di os #bendera untuk di jalankan di os Fedora 18, kali ini pembicara tidak lagi menggunakan virtual box tetapi langsung ke Fedora. Dan ternyata program yang seharusnya berjalan di os #bendera bisa dijalankan di Fedora 18 dengan mulus tanpa ada hambatan.

Setelah sesi kedua selesai maka acara yang mungkin paling di tunggu peserta adalah acara pembagian snack.
Setelah itu sesi ketiga dilanjutkan yaitu bagaimana cara menginstal paket paket ke dalam Fedora 18. Kali ini pembicara akan menginstal aplikasi untuk mendownload video dari youtube yaitu youtube-dl. Mengapa harus youtube-dl ? alasan utamanya adalah koneksi yang tidak memadai di lokasi diadakannya release party tersebut karena proses yang digunakan adalah proses penginstalan online. Pembicara hanya menggunakan modem dengan kecepatan pas pas makan :D. Setelah proses pembicara mendemokan bagaimana cara menggunakan aplikasi yang sudah di instal tadi.

Diakhir acara seluruh peserta diberikan DVD iso Fedora 18 yang nantinya bisa digunakan peserta untuk menginstal Fedora 18 di komputer atau laptop masing masing. Setelah itu acara yang paling mengasyikan dimulai yaitu acara poto poto :D.

Berikut adalah sedikit dari sekian banyak poto yang tertangkap kamera hheheh :)

Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>